Hampir setiap orang pernah berhutang apalagi di dunia modern seperti ini. Berhutang merupakan sebuah hal yang normal dan bahkan bagi sebagian orang itu menjadi kebutuhan. Akan tetapi tidak jarang orang kemudian mengalami kesulitan yang cukup berat gara-gara terjerat oleh hutang yang tidak kunjung lunas.

Berhutang dalam jangka waktu tertentu membuat kita tidak bisa menabung dan ini tentu saja bukan berita bagus. Apabila tidak segera dilunasi maka setiap uang yang dikeluarkan akan habis untuk membayar hutang dan bunga kepada orang lain. Sayang sekali bukan?

Cara agar dapat melunasi hutang dengan cepat termasuk tips yang sangat menginspirasi mereka yang saat ini terlilit hutang. Memang ada banyak cara bayar hutang atau cara terbebas dari hutang dan itulah yang dilakukan oleh orang-orang setiap harinya. Apakah Anda termasuk salah satu yang kelilit hutang? Berikut ini ada beberapa saran dan tips agar Anda bisa melunasi hutang lebih cepat.

Merencanakan Skema Pembayaran dengan Seksama

Cara terbaik untuk mengantisipasi pelunasan hutang adalah dengan berpikir cermat dan bijak sejak awal. Sebagian besar kasus orang berhutang menunjukkan bahwa mereka bersikap panik karena terdesak oleh kebutuhan. Tentu saja ini sikap yang keliru dan cenderung membuat Anda mengambil keputusan yang tidak tepat soal pinjaman. Dalam kondisi panik, orang tidak berpikir lagi apakah bunga yang kelak akan dibayar bisa terlalu besar atau apakah ada skema yang paling menguntungkan dari proses pinjaman tersebut.

Butuh uang cepat sah-sah saja tapi Anda juga harus merencanakan skema pembayaran berdasarkan kalkulasi Anda bukan kalkulasi pihak pemberi pinjaman. Jangan terjebak pada skema pembayaran yang lebih ringan akan tetapi membuat Anda harus menanggung hutang selama bertahun-tahun. Perhatikan pula kemampuan minimal Anda untuk membayar hutang di masa mendatang dan selalu rencanakan cara tercepat untuk melunasi hutang.

Menyisihkan Pendapatan secara Lebih untuk Melunasi Hutang

Setiap kali Anda gajian atau mendapat uang maka setiap kali itu pula Anda harus menyisihkan uang. Untuk pengeluaran, tetaplah istiqomah atau konsisten pada pengeluaran-pengeluaran paling dasar. Selalu ingatkan diri Anda bahwa Anda dan keluarga sedang dalam masa pelunasan hutang dan tidak ada ruang bagi pemborosan atau pengeluaran mubazir dalam daftar belanja Anda.

Mengatakan ini tentu tampak sangat mudah dan Anda pasti juga percaya jika mempraktikkannya sangatlah sulit. Namun jika Anda bisa lolos uji pada bulan pertama, artinya Anda sanggup membayar melebihi cicilan minimum, maka bulan-bulan selanjutnya tidak akan terasa lebih berat buat Anda. Lagi pula, jika Anda gagal memenuhi level yang lebih tinggi ini Anda masih bisa membayar sesuai dengan kesepakatan batas minimum pembayaran.

Menyisihkan pendapatan secara lebih ini akan lebih bermanfaat dan menyenangkan setelah hutang Anda lunas. Artinya, Anda sudah terbiasa menyisihkan sejumlah uang yang kemudian bisa Anda tabung. Semakin besar tabungan Anda terkumpul, semakin aman Anda dan keluarga terhindar dari hutang akibat kebutuhan yang mendesak di kemudian hari.

Berpikirlah tentang Menabung Lebih Sering daripada Berpikir tentang Berhutang

Hobi menabung atau angan-angan untuk menabung memberikan dampak psikologis yang cukup efektif untuk lekas-lekas melunasi hutang. Itulah sebabnya menabung sejak dini menjadi anjuran yang terus-menerus dikampanyekan. Kenyataan menunjukkan bahwa orang yang terbiasa menabung memiliki kecenderungan yang lebih kecil untuk berhutang. Daripada berhutang, orang-orang ini lebih suka mengambil cara lain untuk memenuhi kebutuhannya dan biasanya mereka juga memiliki etos kerja yang sangat bagus.

Jadi, jika Anda saat ini sedang terjerat dalam hutang atau bahkan mungkin sangat terdesak oleh waktu pembayaran, jangan lupakan untuk berpikir tentang menabung. Tidak peduli apakah uang untuk ditabung ada atau tidak tetapi mengangan-angankan untuk menabung bisa memberi Anda semangat dan terapi lebih untuk cepat-cepat melunasi hutang. Ringkasnya, menabung menjadi senjata yang memberi Anda perisai dari ancaman hutang kelak di kemudian hari.

Membuat Catatan Pengingat

Ini nampak sepele akan tetapi sebenarnya juga sangat krusial bagi Anda yang ingin melunasi hutang dengan cepat. Lagi pula, daripada Anda menyimpan uneg-uneg soal hutang hanya dalam hati dan pikiran, lebih baik Anda melampiaskannya pada sebuah papan, whiteboard atau di tempat-tempat lain yang bisa Anda lihat saat Anda beraktivitas di rumah. Membuat catatan pengingat hutang bisa memberi motivasi tersendiri bagi Anda untuk cepat-cepat melunasinya.

Urusan hutang piutang seringkali diabaikan oleh orang-orang dengan alasan kebutuhan lain lebih mendesak untuk dipenuhi. Namun tentu saja itu tidak membuat seseorang bebas hutang. Ingatkan diri Anda selalu bahwa hutang merupakan sesuatu yang harus ditunaikan seperti kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya. Catatan pengingat ini juga bisa mencegah Anda untuk berbelanja secara boros atau gegabah dan itu artinya sangat bagus bagi kesehatan finansial Anda dan keluarga.

Bayar Lebih Besar daripada Batas Pembayaran Minimum

Skema hutang atau pinjaman hari ini yang cukup “menjebak” adalah cicilan ringan tetapi dengan jangka waktu yang lebih lama. Semakin cepat waktu pelunasan maka semakin besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Akan tetapi, semakin besar jumlah cicilan maka beban bunga total yang Anda peru bayar juga semakin ringan.

Memang membayar hutang tepat waktu dan konsisten tidaklah semudah mengatakannya. Kebutuhan setiap orang atau setiap rumah tangga cenderung terus melambung dan hutang kerap kali menjadi prioritas terakhir dari daftar kebutuhan yang harus dipenuhi. Jika Anda tipe orang yang cenderung meremehkan pelunasan hutang, Anda berisiko menghadapi bom waktu yang di suatu ketika akan membuat kehidupan Anda benar-benar bangkrut.

Jadi, menanggung beban cicilan yang besar itu memang tidak mudah akan tetapi Anda juga perlu ingat bahwa menunda-nunda atau memperlama pelunasan hutang justru akan menguras tenaga, pikiran, dan waktu Anda. Coba Anda lihat dari sudut pandang lain. Target melunasi hutang dalam waktu cepat seringkali memicu orang untuk lebih produktif dan menghindarkan lebih banyak lagi dari perbuatan boros atau belanja secara tidak strategis.

Melunasi pinjaman secepat mungkin juga memberi dampak positif bagi Anda di mata orang-orang. Artinya, orang-orang akan memiliki kepercayaan yang lebih terhadap Anda karena Anda termasuk orang-orang yang bisa melunasi hutang dengan segera. Keuntungannya, saat Anda memang butuh hutang suatu ketika nanti orang-orang tidak akan segan-segan memberi Anda pinjaman.

Dari paparan artikel di atas bisa disimpulkan jika kedisiplinan diri dan terus memotivasi diri untuk melunasi hutang dan pinjaman merupakan kunci penting bagi Anda untuk segera terbebas dari hutang. Masih ada banyak tips lain yang mungkin akan membuat Anda terinpirasi, yang jelas, hidup tanpa hutang merupakan kehidupan di mana Anda benar-benar merasakan kemerdekaan. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna dan jika Anda tertarik dengan artikel-artikel tentang cara melunasi hutang atau tips-tips finansial lainnya, kunjungi halaman ini.