Apa pinjaman tanpa bunga itu?

Pinjaman tanpa bunga adalah skema pinjaman yang paling ideal bagi calon peminjam namun merupakan skema yang paling sulit bagi pihak pemberi pinjaman. Seperti diketahui bersama, lembaga-lembaga pemberi pinjaman berharap keuntungan dari pinjaman yang mereka berikan sehingga bisa membuat organisasi yang mereka miliki berjalan. Pinjaman tanpa bunga mensyaratkan bunga nol persen dari pinjaman yang dikeluarkan. Biasanya orang-orang mendapatkan pinjaman jenis ini hanya dari orang-orang terdekat, kerabat dan juga pihak-pihak yang memang tidak menginginkan bunga dari dana yang dipinjamkan.

Umumnya pinjam uang tanpa bunga hanya diberikan pada apa yang disebut sebagai “orang dalam” atau orang yang memiliki posisi dan keterlibatan khusus dalam suatu komunitas atau pun dalam hubungan pribadi. Selain itu ada pula bentuk pinjaman dana yang nantinya akan diwujudkan sebagai barang. Nah, hasil yang didapatkan dari penggunaan barang ini nantinya akan dibagi antara pihak peminjam dan pihak pemberi pinjaman dengan persentase yang sudah disepakati sebelumnya.pinjaman tanpa bunga

Bagaimana bisa mendapatkan pinjaman tanpa uang?

Faktor kedekatan dan kepercayaan tingkat tinggi mungkin menjadi satu-satunya alasan bagi pihak pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman dananya kepada pihak peminjam. Jika Anda membutuhkan jenis pinjaman ini, pertama-tama yang semestinya Anda hubungi adalah orang-orang terdekat seperti kerabat, sanak famili atau sahabat. Mereka inilah orang-orang yang sudah mendapatkan keuntungan non finansial dari berhubungan dengan Anda. Misalnya saja, Anda sudah banyak membantu mereka dalam hal-hal lain atau juga ketersediaan Anda untuk sama-sama membantu apabila mereka suatu saat membutuhkan uluran tangan Anda.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjam uang tanpa bunga untuk menjalin hubungan baik dengan banyak pihak. Jangan segan-segan menolong orang lain terutama yang Anda kenal untuk hal-hal di luar persoalan keuangan. Misalnya saja, ketika ada tetangga yang membangun rumah Anda bisa membantunya dengan tenaga, aktif berpartisipasi dalam karang taruna atau kelompok-kelompok masyarakat dan lain sebagainya. Tak jarang pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk pinjaman tanpa bunga dilewatkan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan seperti ini. Partisipasi di sebuah partai politik juga akan memberi kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan dana pinjaman tanpa bunga. Biasanya jika ada dana dari partai, pihak-pihak yang terlebih dulu mendapatkannya adalah orang-orang di dalam partai.

Jenis pinjaman apa yang bisa Anda dapatkan tanpa bunga?

Seperti diutarakan di atas, pinjaman tanpa bunga ini menuntut adanya hubungan khusus yang terjalin sebelumnya antara pihak peminjam dan pihak pemberi pinjaman. Hubungan khusus ini haruslah berlangsung lama dan diprediksikan juga akan berlangsung lama di masa-masa mendatang. Namun, saat ini juga ada beberapa bank berbasis syariah yang menawarkan skema pinjaman tanpa bunga. Bank-bank syariah memang dikenal menolak adanya bunga karena di dalam hukum Islam dianggap sebagai riba dan dilarang. Bagaimana bank syariah bisa meminjamkan dananya tanpa bunga?

Bank syariah umumnya mensyaratkan peminjaman dana dalam skema kerjasama bisnis. Jadi begini, ketika Anda butuh dana untuk mengembangkan usaha misalnya untuk buka cabang, bank syariah akan mengirimkan perwakilannya untuk menyurvei usaha yang sedang Anda geluti. Setelah itu, bank tidak serta merta menyerahkan dananya. Anda dan perwakilan pihak bank syariah akan menyurvei bagaimana dana pinjaman tersebut nanti Anda gunakan. Pihak bank dan Anda sama-sama membeli barang yang Anda butuhkan sebagai alat usaha. Nah, dari sini pihak bank syariah akan mengambil keuntungan dalam bentuk bagi hasil. Sepintas agak mirip dengan skema investasi namun tentu kalau dilihat lebih lanjut skema ini masih berbentuk pinjaman.

Keuntungan dan kerugian pinjaman tanpa bungapinjam uang tanpa bunga

Beberapa keuntungan dari pinjaman tanpa bunga adalah:

  • Anda tidak perlu membayar bunga dari uang yang Anda pinjam.
  • Jika Anda penganut Islam yang taat, pinjaman tanpa bunga ini adalah satu-satunya pinjaman yang membebaskan Anda dan pihak pemberi pinjaman dari dosa riba.
  • Jika Anda berhasil mengembalikan uang tepat waktu maka hubungan baik dengan pihak pemberi pinjaman berpeluang besar untuk membuka jenis-jenis kerjasama lain yang lebih besar dan lebih bermanfaat.
  • Prosesnya berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman-pinjaman dari bank konvensional.

Beberapa kerugian dari pinjaman tanpa bunga adalah:

  • Anda kemungkinan besar akan kesulitan mendapatkan pinjaman dari lembaga-lembaga keuangan yang berorientasi laba. Hal ini wajar karena keuntungan yang mereka peroleh adalah berasal dari bunga yang didapatkan dari pihak peminjam.
  • Karena asas kejujuran sangat vital dalam skema pinjaman ini, sekali Anda gagal melunasi pinjaman maka akan sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman selanjutnya.
  • Biasanya jumlah uang atau dana yang dipinjamkan dalam bentuk pinjaman tanpa bunga ini tidak terlalu besar. Jadi, jika Anda membutuhkan dana yang sangat besar maka Anda akan sangat kesulitan mendapatkan jenis pinjaman ini. Salah satu solusinya mungkin meminjam pada bank syariah, yang memang mengkhususkan diri sebagai tempat pinjam uang tanpa bunga. Namun demikian pihak bank akan menyeleksi dengan ketat.
  • Pihak pemberi pinjaman seperti bank syariah berpeluang mengintervensi usaha-usaha yang Anda jalankan apabila pihak bank merasakan peningkatan risiko atas dana yang mereka pinjamkan kepada Anda.

Apa syarat-syarat dan ketentuan pinjaman uang tanpa bunga?

Pinjaman uang tanpa bunga memiliki syarat-syarat khusus yang berbeda dari pinjaman uang berbunga. Jika Anda meminjam dari pihak yang sudah sangat Anda kenal kemungkinan Anda tidak akan dimintai agunan atau jaminan. Namun untuk pihak-pihak yang lebih profesional seperti bank syariah, Anda akan disurvei untuk mengetahui tingkat kemampuan pembayaran Anda dan juga biasanya apabila di kemudian hari Anda tidak mampu melunasi hutang pada waktu yang telah ditentukan, barang yang dibeli dengan menggunakan uang dari bank syariah kemungkinan akan disita atau dijadwalkan ulang sesuai dengan perjanjian.

tempat pinjam uang tanpa bungaDi mana tempat pinjam uang tanpa bunga?

Seperti dikemukakan di atas, pihak-pihak pertama yang perlu Anda hubungi ketika Anda hendak mengajukan pinjaman tanpa bunga adalah kerabat dekat, sanak famili atau sahabat. Jadi, faktor kedekatan dan juga prospek menjalin hubungan lebih lanjut di masa mendatang menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Selain itu ada bank berbasis syariah yang dapat Anda datangi untuk memperoleh pinjaman tanpa bunga apapun. Jika Anda membutuhkan bentuk pinjaman tanpa bunga untuk mengembangkan bisnis maka yang paling tepat adalah mendatangi bank syariah. Bank syariah akan memberikan Anda pandangan dan juga saran-saran terkait penggunaan uang pinjaman nantinya. Jadi, bila Anda benar-benar ingin mendapatkan kemudahan pinjam uang tanpa bunga maka menjalin hubungan baik dengan pihak bank syariah akan sangat dianjurkan dan di masa mendatang diperkirakan peran bank syariah semakin besar kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Demikian sekilas tentang pinjaman tanpa bunga berikut dengan kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, semakin banyak Anda menjalin hubungan dengan banyak pihak dan semakin Anda mendapatkan kepercayaan dari banyak orang, maka peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga akan semakin tinggi.