Apa pinjaman KTA itu dan bagaimana cara kerjanya?

Pinjaman KTA adalah kredit tanpa agunan artinya dalam skema ini peminjam tidak disyaratkan menyertakan agunan atau jaminan atas pinjaman yang didapatkan. Jadi pihak peminjam memiliki kemudahan lebih dalam hal persyaratan pengajuan pinjaman. Pinjaman KTA ini bisa menjadi solusi yang sangat praktis bagi para nasabah atau calon peminjam yang membutuhkan dana cepat. Pemrosesannya yang mudah menjadi konsekuensi dari tidak adanya pertanyaan-pertanyaan mendetail seputar barang atau kepemilikan yang akan diagunkan oleh pihak peminjam. KTA tanpa kartu kredit juga menjadi semakin populer belakangan ini di mana pihak pemberi pinjaman memiliki kepercayaan diri untuk memperbanyak jangkauan nasabahnya. Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi Internet kta online juga menjadi hal yang semakin lumrah di zaman sekarang ini. Bahkan dengan ketatnya persaingan di bisnis peminjaman dan perkreditan, para nasabah diuntungkan dengan semakin banyaknya pihak pemberi pinjaman yang menerbitkan paket kta bunga rendah.

Pinjaman jenis apa yang bisa Anda dapatkan sebagai pinjaman KTA?

Umumnya pinjaman KTA jangka pembayarannya lebih pendek. Jadi, Anda bisa mengharapkan pinjaman KTA dalam bentuk pinjaman cicilan harian atau pinjaman pribadi. Dengan semakin seringnya interaksi Anda dengan pihak peminjam tentu akan memberi kepercayaan yang lebih tinggi terutama di pihak pemberi pinjaman.

pinjaman dana tanpa jaminan langsung cairApa keuntungan dan kerugian dari pinjaman KTA?

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dirasakan dari pinjaman KTA.

  • Persyaratan pengajuan pinjaman yang dipermudah dengan proses yang relatif cepat. Hal ini tentu saja karena tidak menyertakan agunan atau jaminan yang otomatis tidak memerlukan survei kepemilikan yang begitu mendetail.
  • Penggunaan dana dari pinjaman KTA ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, jadi pihak pemberi pinjaman tidak mensyaratkan dana harus digunakan untuk tujuan tertentu. Kemungkinan besar yang menjadi persyaratan adalah dananya tidak boleh digunakan untuk aktivitas kejahatan. Jadi, jika misalnya Anda butuh dana cepat untuk renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pertambahan usaha atau memulai usaha maka kredit tanpa agunan ini merupakan paket yang sangat pas buat Anda.
  • Keuntungan lainnya adalah bagi Anda yang tidak mempunyai jaminan atau agunan untuk meminjam di bank-bank konvensional. Ada banyak alasan bank-bank konvensional menolak kredit yang Anda ajukan seperti persoalan Anda dengan suatu bank sebelumnya ataupun ketiadaan jaminan. Namun demikian Anda perlu pandai-pandai meyakinkan pihak pemberi pinjaman bahwa Anda memiliki kemampuan dan kapasitas untuk melunasi uang atau dana yang Anda pinjam.
  • Beberapa pihak pemberi pinjaman memberikan periode cicilan kredit hingga 12 sampai 60 bulan. Bahkan beberapa bank tertentu meluncurkan paket produk KTA dengan perlindungan asuransi. Biasanya untuk yang berasuransi ini limitnya cukup besar yaitu sampai 300 juta rupiah.

Kerugian pinjaman KTA

Selain keuntungan-keuntungan yang disebutkan di atas, ada pula beberapa kerugian yang layak Anda pertimbangkan sebelum memutuskan mencari pinjaman dari skema KTA. Apalagi, jika memang Anda punya sesuatu yang bisa dijaminkan dan juga pertimbangan-pertimbangan risk and return lain yang ternyata lebih menguntungkan meminjam dari bank-bank konvensional. Berikut ini beberapa kerugian dari pinjaman KTA:

  • Pihak peminjam biasanya dibebani bunga yang lebih tinggi karena tidak adanya jaminan untuk menjamin dana yang dipinjamkan. Jika kalkulasinya masih menguntungkan, tak masalah ambil pinjaman KTA. Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih sering selektif memperhatikan bunga yang dibebankan karena beberapa kta bunga rendah juga ditawarkan oleh lembaga-lembaga yang berbeda.
  • Meski beberapa pihak memberikan jangka waktu cicilan yang lebih lama, kebanyakan pinjaman KTA memberikan periode pelunasan yang relatif cepat. Hal ini tentu saja membuat pihak peminjam harus berpacu dengan waktu agar tidak sampai terlambat sehingga terkena denda atau biaya tambahan atas pinjamannya.
  • Di era internet ini semakin banyak pihak yang menawarkan pinjaman KTA baik secara online maupun offline. Oleh karena itu calon peminjam harus benar-benar selektif dalam memilih calon pemberi pinjaman. Pastikan Anda meminjam dari pihak yang terbukti kredibel dan tidak fiktif. KTA online semakin marak dan memberikan kemudahan tersendiri. Namun hal ini juga mendatangkan peluang bagi pihak-pihak yang ingin menipu para calon nasabah dengan trik-triknya.

Apa saja syarat-syarat peminjaman KTA?pinjaman uang tanpa jaminan online

Setiap lembaga atau pihak pemberi pinjaman memiliki syarat-syarat yang berbeda agar suatu permohonan pinjaman dikabulkan. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang diajukan oleh suatu bank untuk produk KTA-nya. Antara lain Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP atau Paspor
  • Fotokopi NPWP (untuk pinjaman lebih dari 50 juta rupiah)
  • Fotokopi KTP atau tanda pengenal resmi yang diakui oleh negara seperti SIM
  • Fotokopi Kartu Kredit yang didapatkan dari bank lain, masa keanggotaan minimal 1 tahun
  • Arsir bagian depan kartu kredit. Namun ada pula pihak yang bersedia meminjamkan KTA tanpa kartu kredit
  • Slip gaji beberapa bulan terakhir
  • Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi sampul depan buku tabungan

Nah, setidaknya jika Anda memiliki dokumen-dokumen tersebut di atas, peluang Anda mendapatkan pinjaman KTA menjadi lebih besar. Produk kta online mungkin juga mensyaratkan hal yang sama di mana Anda perlu men-scan dokumen-dokumen tersebut di atas. Mungkin ada beberapa formulir lain yang perlu diisi tapi dengan dokumen-dokumen di atas Anda kemungkinan besar akan mendapatkan prioritas. Sementara itu bagi yang tidak memiliki kartu kredit atau enggan menunjukkan kartu kreditnya sebaiknya memilih produk KTA tanpa kartu kredit.

Setiap orang tentu ingin mendapatkan pinjaman KTA bunga rendah. Tidak masalah sebenarnya, mengingat persaingan dalam bisnis pinjam-meminjam saat ini semakin marak. Para pihak pemberi pinjaman berlomba-lomba menawarkan produk kta bunga rendah.

Bagaimana mendapatkan uang dari pinjaman KTA?pinjaman tanpa jaminan

Seperti sudah dijelaskan di atas, pinjaman KTA menjadi pilihan yang pas bagi Anda untuk mendapatkan dana secara cepat untuk berbagai kebutuhan. Apalagi akhir-akhir ini banyak produk kta tanpa kartu kredit. Artinya, pihak pemberi pinjaman bersedia meminjamkan dananya tanpa peminjam harus memiliki atau menunjukkan kartu kreditnya. KTA tanpa kartu kredit ini semakin diminati karena dirasa sebagai syarat yang sangat memudahkan dan meringankan bagi calon peminjam.

Pinjaman KTA bisa didapatkan baik dari bank-bank konvensional yang menyediakan paket ini ataupun lembaga-lembaga keuangan lainnya. Apalagi belakangan KTA online semakin marak sehingga pihak peminjam bisa dengan mudah mengajukan aplikasi permohonan pinjaman tanpa harus mendatangi lokasi pihak pemberi pinjaman. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pihak peminjam harus selektif dalam memilih agar tidak sampai mendapatkan pihak pemberi pinjaman yang sifatnya fiktif.

Bisa disimpulkan dari uraian di atas bahwa pinjaman KTA memberikan kemudahan bagi Anda yang tidak ingin atau tidak memiliki suatu jaminan atau agunan untuk diajukan sebagai syarat peminjaman. Dana yang didapatkan pun bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya pernikahan, renovasi rumah, perluasan usaha dan lain sebagainya.