Apa pinjaman koperasi tanpa jaminan itu?

Pengertian koperasi secara umum yaitu suatu badan usaha yang para anggota badan usaha tersebut menyerahkan dana simpanan wajib dan dana simpanan sukarela ke badan usaha tersebut. Dana ini nantinya akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan para anggota dan kebutuhan operasional koperasi. Berdasarkan Undang-Undang Tahun 1992, dapat dipahami bahwa koperasi yang ada di Indonesia adalah sebuah badan usaha yang memiliki anggota perseorangan atau anggota badan hukum koperasi-koperasi lain, yang mana badan usaha ini mendasarkan kegiatannya pada prinsip-prinsip koperasi, selain itu juga merupakan gerakan ekonomi rakyat yang didasarkan pada asas kekeluargaan. Jadi tujuan utama koperasi adalah untuk menyejahterakan kehidupan para anggotanya.

Karakteristik utama dari sebuah koperasi adalah keanggotaan dari koperasi itu sendiri. Setiap anggota koperasi secara otomatis memiliki identitas ganda. Maksud dari identitas ganda di sini adalah setiap anggota koperasi, selain tiap anggota otomatis menjadi pemilik koperasi, yang bersangkutan juga merupakan pengguna dari jasa koperasi tersebut. Hal ini sesuai dengan Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan No. 27, Revisi Tahun 1998. Sedangkan untuk jenis keanggotaan koperasi sendiri dibedakan menjadi dua:

1. Anggota perseorangan, yaitu seseorang yang secara pribadi sukarela menjadi anggota sebuah koperasi.
2. Anggota badan hukum koperasi, yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi lain yang memiliki lingkup lebih luas.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh anggota koperasi yaitu anggota bisa mendapatkan pinjaman dengan kemudahan yang tidak bisa diberikan oleh lembaga pemberi pinjaman lain seperti bank atau badan kredit. Pinjaman koperasi tanpa jaminan ini tentu sangat membantu bagi para anggota koperasi untuk mengembangkan usahanya, selain itu bunga yang jauh lebih rendah daripada yang dibebankan oleh pihak-pihak lain sangat membantu para anggota koperasi.

Para anggota bisa mengajukan pinjaman modal usaha sekaligus mendapatkan bantuan pengelolaan keuangan ataupun pemasaran produk usahanya di dalam koperasi. Dari sudut pandang ini keberadaan koperasi tentu sangat jauh lebih unggul dalam meningkatkan taraf kesejahteraan para anggotanya dibandingkan lembaga keuangan lainnya. Koperasi simpan pinjam sudah lama populer di Indonesia bahkan keberadaannya dilindungi oleh Kementrian Koperasi. Beberapa koperasi juga bisa saling bekerjasama untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya dan hal ini tentu berdampak positif bagi para anggota koperasi.

Biasanya koperasi dikendalikan secara bersama-sama oleh seluruh anggota koperasi. Setiap anggota koperasi memiliki hak suara yang sama dalam setiap pengambilan keputusan dari koperasi tersebut. Sedangkan dalam hal pembagian keuntungan, pembagian SHU atau Sisa Hasil Usaha suatu koperasi biasanya dihitung berdasarkan andil masing-masing anggota dalam koperasi yang bersangkutan. Hal ini misalnya dapat dilakukan dengan cara membagi dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan anggota. Meski memiliki keanggotaan, setiap orang tentu memiliki usaha dan kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Nah, apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana keanggotaan ini bisa anda manfaatkan. Setiap anggota dapat ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan untuk dijadikan modal usaha.

pinjaman modal usahaApa saja syarat untuk pinjaman koperasi tanpa jaminan?

Seringkali kita menjadikan koperasi simpan pinjam sebagai salah satu alternatif selain bank untuk memperoleh modal segar untuk mendanai bisnis kita. Ini dikarenakan proses peminjaman di koperasi yang relatif lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan proses peminjaman di bank atau lembaga kredit lainnya. Namun proses peminjaman di koperasi pun tetap memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar kita bisa memperoleh pinjaman dana sesuai yang kita butuhkan. Dan syarat paling pokok untuk pinjaman modal usaha di dalam suatu koperasi antara lain keanggotaan di dalam koperasi tersebut. Jadi, anggota koperasi saja yang berhak mendapatkan pinjaman. Beberapa koperasi yang sudah maju juga memberikan pinjaman kepada non anggota tetapi hubungannya juga sudah seperti pinjaman antara nasabah dengan bank yang menuntut adanya bunga. Anda jika menjadi anggota koperasi tersebut maka Anda tidak perlu membayar bunga setinggi itu.

Selain itu jumlah pinjaman yang diberikan dalam pinjaman koperasi tanpa jaminan juga memperhatikan jumlah simpanan atau tabungan seorang anggota di dalam koperasi. Semakin besar jumlahnya maka semakin besar pula kemungkinan dia akan mendapatkan jumlah pinjaman yang besar. Bagi peminjam, track record pembayaran pinjaman sangat berpengaruh terhadap upaya atau pengajuan peminjaman selanjutnya dan juga bagi keanggotaannya di dalam koperasi.

Syarat lain yang sering diajukan adalah adanya survei terhadap pemakaian pinjaman koperasi tanpa jaminan. Hal ini sebenarnya berguna bagi pihak peminjam karena koperasi bisa memberikan masukan atau saran penting tentang langkah yang terbaik dalam menggunakan uang pinjaman tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan jika pihak peminjam menggunakan pinjaman tersebut untuk kebutuhan atau keperluan pribadi seperti renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya kuliah anak atau lain sebagainya.

Kemudian, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman modal usaha dari suatu koperasi, buatlah terlebih dulu rencana bisnis Anda untuk nanti bisa diajukan kepada pihak koperasi. Hal ini akan sangat membantu koperasi dalam memberikan persetujuan atas pinjaman yang akan Anda ajukan. Informasi tentang aset bergerak dan aset tetap yang Anda miliki, rekening bank dan juga riwayat penghasilan akan menjadi pertimbangan yang sangat positif bagi pihak koperasi. Keuntungan lainnya menjadi anggota koperasi adalah Anda dapat ke koperasi pinjam uang tanpa jaminan sehingga memudahkan langkah dalam memulai sebuah usaha atau bisnis yang telah lama direncanakan.

Apa saja ketentuan yang harus Anda penuhi agar bisa pinjam uang tanpa jaminan dari koperasi?

pinjaman koperasi tanpa jaminan

Sekali lagi, keanggotaan di dalam sebuah koperasi menjadi syarat utama dan pertama yang sangat perlu diperhatikan. Jika Anda sudah terdaftar menjadi anggota, maka beberapa hal masih akan ditanyakan kepada Anda seputar penggunaan dana yang akan dipinjam. Pertama, Anda harus menjelaskan status pinjaman Anda sebelumnya di koperasi yang artinya Anda harus melunasi terlebih dulu untuk bisa mendapatkan pinjaman berikutnya. Atau jika Anda memiliki sesuatu untuk dijaminkan kepada koperasi maka hal tersebut bisa dinegosiasikan lebih lanjut.

Selain koperasi model konvensional, belakangan ini juga hadir model koperasi online, di mana untuk menjadi anggota koperasi kita tidak perlu mendatangi secara langsung kantor koperasi tersebut. Kita hanya perlu mendaftar secara online dengan menyerahkan berkas-berkas yang disyaratkan serta menyetor iuran yang telah ditetapkan secara online pula. Setelah menjadi anggota koperasi online ini, kita juga dapat melakukan peminjaman layaknya kita meminjam di koperasi model konvensional. Keberadaan pinjaman koperasi online akhir-akhir ini juga mensyaratkan keanggotaan Anda untuk bisa mendapatkan pinjaman. Inilah yang membedakan antara badan koperasi dan badan non-koperasi. Koperasi yang secara khusus bergerak dalam bidang simpan pinjam akan menarik bunga yang relatif lebih rendah terhadap para anggotanya yang melakukan peminjaman. Inilah yang menjadikan badan koperasi unik dibandingkan badan atau lembaga pemberi pinjaman lain.

Apabila Anda ingin mendapatkan pinjaman dari suatu koperasi perhatikan juga kebutuhan keuangan Anda dan bagaimana Anda nanti akan melunasinya. Pelunasan ini penting agar posisi Anda di dalam koperasi tidak terancam sehingga Anda kehilangan beragam fasilitas yang diberikan oleh sebuah koperasi untuk para anggotanya.

Mengapa koperasi lebih baik dibandingkan badan kredit yang lain?

Salah satu keunggulan sistem koperasi adalah sistem persetujuan dan pembayaran yang lebih longgar. Selama Anda menjadi anggota koperasi, Anda mendapatkan hak untuk dipertimbangkan mendapatkan pinjaman sekalipun ada catatan yang kurang bagus dari bank misalnya. Selain itu bunga yang lebih rendah menjadi alasan mengapa pinjaman modal usaha dari koperasi jauh lebih disukai. Koperasi pinjam uang tanpa jaminan otomatis berpegang pada keanggotaan Anda di dalam koperasi tersebut.

Apabila Anda ingin membuka usaha Anda juga akan mendapatkan masukan mengenai solusi maupun saran pemasaran produk Anda dan juga dana yang bisa Anda dapatkan. Pinjaman koperasi tanpa jaminan kisarannya bergantung pada reputasi Anda di dalam koperasi tersebut. Juga, semakin besar suatu koperasi maka pinjaman yang didapatkan oleh para anggotanya juga akan semakin besar pula.

pinjaman modal usaha tanpa jaminanBagaimana cara meminjam dari koperasi?

Jika Anda bukan anggota koperasi maka akan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari koperasi tersebut. Oleh karena itu sebaiknya Anda mendaftar dulu menjadi anggota koperasi yang Anda inginkan untuk mendapatkan pinjaman darinya. Namun terkadang memang butuh waktu yang agak lama untuk mengurus menjadi anggota sebuah koperasi. Bagaimanapun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dari koperasi sekalipun anda bukan anggota. Beberapa survei perlu Anda ikuti terkait identitas diri, riwayat penghasilan dan juga kemungkinan jaminan yang bisa Anda berikan. Beberapa teman mengatakan bahwa meskipun semua persyaratan yang diajukan hampir sama dengan badan kredit lain, dalam prakteknya koperasi memberikan kelonggaran dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan umumnya diperuntukkan bagi para anggota koperasi saja. Hal ini tentu memperhatikan keanggotaan Anda di dalam koperasi tersebut. Dana yang Anda dapatkan bervariasi bergantung tingkat tabungan Anda di dalam koperasi atau jika Anda memiliki sejumlah reputasi lain di dalam koperasi tersebut. Biasanya semakin senior seseorang di dalam koperasi maka semakin tinggi tingkat pinjaman yang dia bisa dapatkan. Selain tingkat tabungan, besarnya usaha serta kelancaran bisnis yang Anda tekuni juga turut mempengaruhi besaran dana yang dapat Anda ajukan saat melakukan peminjaman di koperasi.

Beberapa formulir yang telah disediakan untuk proses peminjaman tentu harus diisi untuk mengajukan suatu pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Namun tidak serumit dan sekompleks jika Anda meminjam dari lembaga keuangan lainnya. Bunga yang dibebankan pun relatif rendah karena hal ini didasarkan pada asas koperasi yang menyatakan bahwa koperasi adalah manfaat bagi semua anggotanya.

Demikian tadi uraian singkat tentang pinjaman koperasi tanpa jaminan. Sepertinya Anda perlu mempertimbangkan untuk menjadi anggota suatu koperasi sejak dari sekarang karena hal tersebut akan menguntungkan bagi usaha Anda baik dalam hal pengadaan dana dalam bentuk pinjaman modal usaha tanpa jaminan, serta juga membantu pemasaran berbagai produk atau jasa Anda nantinya. Memang, umumnya koperasi tidak memberikan dana pinjaman sebesar yang bisa diberikan oleh suatu bank. Namun, jika setiap anggotanya saling membantu untuk membesarkan koperasi tersebut, bukan tidak mungkin nantinya akan terhimpun dana yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan finansial para anggotanya.