Apakah personal loans itu?

Personal loans atau pinjaman uang tunai pribadi merupakan sebuah produk perbankan yang memungkinkan nasabah mendapatkan pinjaman dana tunai dari bank. Berbeda dari bentuk pinjaman lainnya, personal loans atau yang juga sering disebut sebagai Kredit Tanpa Agunan (KTA) tidak menyaratkan agunan atau jaminan seperti BPKB, SK, sertifikat tanah dan lain-lain. Umumnya personal loans ini diperuntukkan bagi karyawan dan wirausahawan dalam rentang usia 21 sampai dengan 60 tahun. Plafond kredit serta bunga ditentukan secara berbeda oleh masing-masing pihak atau bank yang menyediakan fasilitas ini.

Di Indonesia produk kredit tanpa agunan ini pertama kali diperkenalkan oleh Standard Chartered Bank yang dalam waktu relatif singkat diikuti oleh bank-bank asing lain yang beroperasi di Indonesia. Persyaratan umum yang diajukan antara lain fotokopi kartu kredit dan fotokopi KTP serta beberapa persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing bank. Memiliki kartu kredit dianggap sebagai bagian penting dalam pengajuan pinjaman uang tunai pribadi ini karena dengan kartu kredit inilah pihak pemberi pinjaman bisa memantau kinerja dan pola pembayaran nasabah. Jadi dengan kartu kredit ini track record ketepatan dan keterlambatan pembayaran bisa dibaca.

Beberapa bank juga memberi pinjaman kepada wirausahawan yang berniat mengembangkan usaha dalam bentuk personal loans. Misalnya saja BCA Smartcash serta Bizloan Common Wealth Bank namun dengan mengajukan syarat yang cukup berat bagi pengusaha pemula, yakni omset usaha minimal berkisar 30 juta per bulannya.

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan ini memang super fleksibel dan bisa digunakan untuk beragam keperluan yang tidak berkaitan dengan usaha. Misalnya saja untuk biaya pernikahan, pendidikan, renovasi rumah, liburan atau kebutuhan lain yang menuntut tersedianya dana tunai.

pinjaman online pribadiPerbedaan pinjaman pribadi perorangan dan jenis pinjaman atau kredit lain

Seperti disebutkan di atas, ciri utama dari pinjaman pribadi adalah tidak diperlukannya jaminan atau agunan seperti surat tanah, SK, atau BKPB kendaraan. Jadi, tingkat kepercayaan yang dibutuhkan untuk sebuah pinjaman pribadi jauh lebih besar daripada untuk pinjaman yang membutuhkan agunan atau jaminan. Misalnya saja kita bandingkan antara pinjaman pribadi versus pinjaman mobil. Kedua jenis pinjaman ini paling sering dijumpai di dalam masyarakat terkait opsi pembiayaan. Saat ini sebagian besar peminjam menerima aplikasi pinjaman online pribadi sementara pinjaman mobil sering dijumpai di tempat dealer mobil.

Lantas bagaimana perbedaan terbesar dari keduanya? Pinjaman pribadi perorangan bisa dipakai untuk segala macam pemakaian sementara pinjaman untuk kredit mobil berarti memberikan pinjaman uang untuk membeli sebuah mobil. Jadi, dibandingkan dengan jenis pinjaman lain, pinjaman online pribadi memberikan fleksibilitas yang lebih besar daripada bentuk pinjaman lain.

Apa keuntungan pinjaman uang tunai pribadi

Pinjaman uang tunai pribadi adalah pinjaman tanpa jaminan. Inilah keuntungan terbesarnya. Artinya pemberi pinjaman tidak membebani Anda dengan agunan atau jaminan yang bisa disita jika Anda gagal membayar hutang. Karena tidak diperlukannya proses pencatatan jaminan tersebut maka mendapatkan keputusan untuk menerima dana bisa berlangsung dengan sangat cepat. Pinjaman uang tunai pribadi lebih aman dibandingkan kartu kredit karena suku bunganya biasanya tetap dan karena memiliki jadwal pembayaran tertentu pula. Pinjaman uang tunai pribadi bisa memperbaiki rating kredit Anda karena system scoring kredit memperlakukan hutang cicilan lebih baik daripada system seperti kartu kredit.

Syarat dan ketentuan pinjaman uang tunai pribadi

Pinjaman uang tunai pribadi memiliki periode pembayaran yang ditentukan sebelumnya. Misalnya dalam waktu 12 bulan, 34 bulan atau 36 bulan. Semakin lama waktu pelunasannya berarti semakin rendah pembayaran per bulannya, tapi dengan membayar bunga yang lebih tinggi. Sebaliknya, semakin pendek waktu pembayarannya maka pembayaran per bulannya semakin tinggi tapi suku bunga secara keseluruhannya semakin rendah karena pokoknya lebih cepat Anda lunasi.

Umumnya pinjaman tanpa jaminan atau pinjaman uang tunai pribadi memiliki suku bunga lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman pakai jaminan. Pinjaman pribadi perorangan, apalagi yang melalui jalur pinjaman online pribadi menerapkan syarat-syarat persetujuan yang jauh lebih ketat. Jadi, Anda sebagai peminjam harus mampu membuat pemberi pinjaman percaya karena akan menyerahkan uangnya begitu saja tanpa jaminan. Keterpercayaan debitur sangat bergantung pada skor kredit Anda. Jadi, baik jumlah pinjaman dan bunga yang ditetapkan, entah tetap atau bervariasi akan sangat dipengaruhi oleh rating kredit Anda. Semakin bagus rating kredit Anda semakin tinggi kapasitas pinjaman Anda dan suku bunga pun bisa semakin rendah.

pinjaman pribadi perorangan

Kira-kira kalau dirangkum keuntungan dan kelebihan dari pinjaman pribadi perorangan adalah sebagai berikut:

Keuntungan

  • Tidak ada batasan tentang bagaimana dana akan dibelanjakan
  • Struktur pembayaran bisa fleksibel (jangka pendek atau jangka panjang)

Kerugian

  • Suku bunga kemungkinan lebih tinggi daripada pinjaman beragunan
  • Syarat-syarat peminjaman yang jauh lebih ketat
  • Nasabah yang memiliki rekam pembayaran buruk atau skor kredik buruk tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman ini.

Bagaimana cara mendapatkan pinjaman pribadi perorangan?

Pinjaman pribadi perorangan bisa didapatkan secara offfline maupun online. Beberapa bank memang memberikan fasilitas pinjaman pribadi terutama bagi mereka yang memiliki kredibilitas bagus dalam pembayaran pinjaman sebelumnya. Proses persetujuannya tidak semudah pinjaman dengan agunan tapi sekali disetujui Anda akan membangun catatan credit scoring yang bagus yang kelak pasti berguna jika Anda membutuhkan dana yang lebih besar. Saat ini, pinjaman online pribadi juga semakin mempermudah para nasabah untuk mendapatkan pinjaman. Umumnya untuk pinjaman via online dibutuhkan syarat mendaftar menjadi member dulu dan ada beberapa proses lagi yang harus diselesaikan untuk mendukung kepercayaan antara nasabah dan pihak pemberi pinjaman. Rata-rata para pemohon pinjaman mengisi data-data yang disediakan oleh pihak pemberi pinjaman di Internet. Dan kenyataannya, pinjaman online pribadi ini tidak sepenuhnya online tetapi juga memerlukan pertemuan langsung antara pihak peminjam dan pihak pemberi pinjaman. Dalam kasus kepercayaan yang terbentuk sudah sangat tinggi, masing-masing pihak bisa saja melakukan proses pinjaman pribadi perorangan secara full online.

pinjaman uang tunai pribadi

Demikianlah ulasan tentang pinjaman pribadi perorangan. Kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan skema pinjaman yang lain bisa Anda bandingkan sendiri. Kalau bisa disimpulkan, pinjaman pribadi perorangan ini merupakan skema pinjaman dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Umumnya baik pihak peminjam dan pihak yang memberi pinjaman sudah terlibat sebelumnya dalam beberapa proses peminjaman dan rata-rata urusannya lancar. Bagi para nasabah baru mungkin akan sangat sulit bisa mendapatkan pinjaman pribadi perorangan. Artinya dia harus membangun credit scoring systemnya dulu sampai pihak pemberi pinjaman merasa tingkat kepercayaan yang dibutuhkan sudah tercapai. Yang pasti, pinjaman uang tunai pribadi ini bisa dipakai secara fleksibel dan biasanya bunga yang dikenakan juga lebih tinggi. Kemudahan lain yang bisa didapatkan adalah skema pinjaman online pribadi di mana proses pemberian pinjaman bisa berlangsung dengan sangat cepat sehingga sangat cocok untuk mendukung transaksi-transaksi yang sangat memperhitungkan ketepatan waktu.