Apa pinjaman uang online itu?

Dalam pengertian paling luasnya, pinjaman uang online merupakan suatu pinjaman yang tidak secara langsung berasal dari bank tradisional. Sejumlah peminjam online sering disebut sebagai lender online karena merupakan alternatif bagi bank tradisional. Saat ini ada banyak pemberi pinjaman online untuk dipilih.

Alasan orang memilih pinjaman uang online

Persetujuan yang lebih cepat: para pemberi pinjaman online bisa memberi Anda respon yang lebih cepat tentang apakah Anda disetujui atau tidak, seberapa besar Anda bisa meminjam, dan seperti apa cara pembayaran yang disepakati. Ini jauh berbeda jika Anda meminjam dari bank-bank tradisional di mana Anda masih harus menunggu beberapa waktu lebih lama untuk mendapatkan persetujuan. Di era bisnis yang terus menggeliat ini, pinjaman uang cepat menjadi salah satu alternatif yang banyak dicari.

Suku bunga lebih baik: pinjaman uang online umumnya memiliki suku bunga lebih rendah dan fee jasa yang lebih kecil (jika memang ada). Para pemberi pinjaman online tidak memiliki overhead seperti bank dan badan kredit lain yang memiliki cabang-cabang fisik, dan mereka tidak menghadapi biaya peraturan yang sama. Artinya, Anda bisa membayar lebih rendah. Namun tidak semua pemberi pinjaman yang demikian. Tak sedikit pula suku bunga tinggi dikenakan karena faktor-faktor keterpercayaan mengingat tidak adanya jaminan.

Persetujuan yang lebih mudah: Bank dan badan kredit terbukti semakin lama semakin selektif dalam memberikan pinjaman. Para pemberi pinjaman online lebih cenderung menyetujui skor-skor kredit yang lebih rendah dan menggunakan informasi alternatif untuk mengevaluasi kemampuan membayar kredit Anda (seperti pembayaran utilitas dan data dari jaringan sosial Anda).

Pinjaman dana tunai tanpa jaminan: Sebagian besar pinjaman uang online tidak mensyaratkan jaminan, artinya Anda tidak perlu memberikan jaminan agar disetujui. Itu membuat mereka lebih aman daripada meminjam dengan menggunakan aset-aset Anda. Jika Anda gagal membayar Anda hanya akan mengalami penurunan skor kredit tapi tidak ada barang atau properti Anda yang akan disita.

pinjam uang onlineBagaimana cara meminjam

Mendapatkan pinjaman online sama seperti mendapatkan pinjaman dari tempat lain, bedanya adalah pinjaman online lebih mudah. Anda perlu memberi informasi pribadi seperti nomor KTP, KK dan alamat tentunya. Dengan bergantung pada setiap pemberi pinjaman online, Anda biasanya juga dimintai informasi keuangan (seperti pekerjaan dan pendapatan Anda, pengeluaran Anda, tabungan Anda dan lain sebagainya). Pinjaman dana tunai secara online bagaimanapun masih membutuhkan jaminan untuk membangun kepercayaan yang lebih tinggi.

Untuk memulainya tinggal pilih pemberi pinjaman lalu ajukan permohonan. Prosesnya hanya berlangsung sekitar 10 sampai 15 menit. Jika Anda memang sudah sering meminjam dan membangun kepercayaan yang bagus dengan pihak pemberi pinjaman maka pinjaman uang online langsung cair. Caranya juga mudah, misalnya saja langsung transfer ke nomor rekening Anda.

Keuntungan pinjaman uang online

Keuntungan pinjaman online antara lain sebagai berikut:

Yang pertama adalah kenyamanan. Anda tidak perlu meninggalkan rumah untuk mencari pinjaman. Ini artinya Anda bisa mengajukan permohonan meskipun Anda punya waktu 5 menit misalnya. Anda bisa tunggu sambil melakukan aktivitas lain bersama keluarga misalnya. Perlu Anda ketahui, Pinjaman uang cepat menjadi alasan yang direspon oleh para pemberi pinjaman online.

Keuntungan kedua adalah privasi. Anda tidak perlu khawatir teman atau keluarga Anda tahu Anda sedang mengajukan permohonan pinjaman dana tunai. Sebagian besar orang memang menganggap persoalan keuangan mereka sebagai hal yang pribadi. Dalam hal ini mengajukan permohonan pinjaman online akan menghindarkan Anda dari ketahuan oleh orang-orang terdekat. Pihak pemberi pinjaman tentu tidak akan sembarangan mengungkap kondisi keuangan Anda kepada pihak manapun karena dengan melakukan hal tersebut mereka bisa dikenai tuntutan hukum.

Keuntungan ketiga adalah Anda bisa mengajukan aplikasi 24 jam seminggu. Artinya Anda bisa mengajukan kapanpun bahkan di hari libur bank. Selain itu ketika Anda mengajukan pinjaman online data Anda tersimpan lebih aman di dalam file para broker atau pemberi pinjaman. Dan yang pasti adalah kecepatan pemrosesan. Bahkan dengan semakin banyaknya pihak yang bersedia memberikan pinjaman uang online Anda bisa membuat beberapa aplikasi sekaligus untuk diajukan kepada mereka. Semakin banyak Anda mengirimkan aplikasi, peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman tentu semakin besar.

pinjaman dana tunaiKerugian pinjaman uang online

Salah satu kerugian yang harus ditanggung oleh peminjam adalah pada suku bunga. Biasanya suku bunga pinjaman uang cepat lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman tradisional. Lagi pula, dengan mempertimbangkan bahwa bisnis pinjaman online ini masih dalam tahap perkembangan, ada kemungkinan Anda menghadapi para pemberi pinjaman yang kurang kredibel. Jadi, memilih lembaga atau pemberi pinjaman online yang terpercaya harus menjadi prioritas utama karena pinjaman dana tunai menjadi peluang bisnis yang dilirik oleh banyak orang. Yang terakhir adalah biasanya pinjaman online tidak bisa diandalkan untuk pinjaman dalam jumlah sangat besar. Jadi, untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak okelah mempercayakan pada pinjaman uang online.

Selain itu pula pinjaman uang online tidak memberikan waktu pembayaran yang lebih lama seperti bank-bank konvensional. Hal ini tentu dimaklumi karena para pemberi pinjaman tentu ingin jaminan atas uang yang mereka pinjamkan. Namun, jika sudah terjalin kepercayaan yang bagus maka proses pinjam-meminjam bisa dilakukan sesering mungkin dengan proses yang sangat cepat. Anda tentu sangat mendambakan seseorang yang bisa meminjami Anda ketika Anda butuh membeli suatu barang untuk dijual kembali dalam waktu yang cepat bukan? Nah, dari sinilah pinjaman uang cepat menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Tips-tips mencari pinjaman uang online yang baik

Seperti bentuk pinjaman lainnya, pinjaman online juga menawarkan resiko dan keuntungannya sendiri. Nah, agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan beberapa tips berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

1. Periksa latar belakang pihak pemberi pinjaman uang online: ini tentu saja penting agar Anda tidak terjebak pada penipuan. Setidaknya Anda tahu latar belakang si pemberi pinjaman seperti alamat dan syukur-syukur jika memang disarankan oleh orang yang sangat Anda percayai. Sekali lagi Anda harus benar-benar selektif agar tidak terjerumus ke dalam penipuan.

2. Kisaran bunga yang ditetapkan: Ini juga penting agar Anda kelak tidak merasa ditipu oleh bunga yang kelewat besar. Kemudahan dan kecepatan pemrosesan terkadang memang membuat orang lupa pada bunga yang harus ditanggung. Meskipun bunganya besar, setidaknya Anda telah mempertimbangkan dengan matang untuk melakukan pinjam uang online langsung cair.

3. Syarat-syarat: pastikan syarat-syarat yang diajukan oleh pemberi pinjaman benar-benar bisa Anda penuhi. Umumnya, syarat-syarat yang diajukan hampir sama dengan bank konvensional seperti KTP, informasi gaji, pekerjaan dan lain-lain. Pastikan Anda sudah mempersiapkannya.

4. Proses Pencairan: Jangan senang dulu ketika aplikasi Anda disetujui. Pastikan Anda juga tahu kapan dana yang Anda ajukan itu cair serta kapan Anda diberi waktu untuk meluansinya.

pinjaman onlineNah, demikian tadi sekilas tentang pinjaman uang online. Bagi Anda yang menginginkan dana tunai segera, mode peminjaman ini tentu akan sangat efisien dan praktis. Pada awalnya memang susah, mungkin seperti hal-hal lain, namun setelah Anda terbiasa dan mendapatkan kepercayaan dari pihak pemberi pinjaman segalanya akan berjalan lancar.