Apa yang dimaksud dengan sistem peminjaman uang tanpa jaminan apapun?

Skema pinjam uang tanpa jaminan apapun adalah sistem peminjaman yang benar-benar tidak menyertakan jaminan sehingga pihak peminjam tidak perlu menyerahkan surat-surat berharga seperti BPKB, surat tanah, SK dan lain-lain sebagai jaminan atas dana yang dipinjamkan. Praktis pinjaman jenis ini sangat menguntungkan dan memudahkan bagi Anda di saat membutuhkan dana cepat. Dengan meminjam dana dari produk ini berarti pihak pemberi pinjaman bersedia menyerahkan dananya tanpa menyertakan agunan atau jaminan. Jadi, jika Anda butuh uang cepat tanpa jaminan apapun, skema peminjaman ini sangat cocok untuk dicoba.

Ada syarat-syarat tertentu yang harus diperhatikan oleh calon peminjam untuk bisa mendapatkan dana tunai secara cepat. Hal ini tidak jauh berbeda dengan produk KTA yang kini banyak diterbitkan oleh bank-bank konvensional. Bunga yang dibebankan juga bervariasi tergantung pada lama waktu pelunasan dan juga jumlah pinjamannya. Setiap pihak pemberi pinjaman tentu memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait pemberian pinjaman dana ini.

Saat ini semakin banyak pihak yang menerjuni bisnis pinjam uang tanpa jaminan apapun ini baik secara online maupun offline. Pemrosesan dan pencairannya dibuat sesederhana mungkin dan juga untuk pengembaliannya dibuat selancar mungkin. Dari segi proses bisa ditekankan lagi Anda tidak perlu menyertakan jaminan berupa surat berharga, emas atau yang lain. Bunga yang ditetapkan memang terbilang lebih tinggi tapi bila dibandingkan dengan kecepatan pemrosesan sepertinya impas. Jika Anda kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank-bank konvensional maka produk pinjaman tanpa jaminan ini tentu sangat cocok bagi Anda.

pinjam uang tanpa jaminan apapunBagaimana cara kerjanya?

Pada prinsipnya setiap pinjaman itu memiliki beberapa kesamaan umum yakni pihak peminjam mendapatkan dana yang dibutuhkan sedangkan pihak pemberi pinjaman mendapatkan laba dari uang yang dia pinjamkan. Untuk skema pinjam uang tanpa jaminan apapun ini, calon peminjam harus mengajukan permohonan pinjaman berikut beberapa data yang diperlukan sebagai persyaratan. Keperluan pemakaian dana juga akan ditanyakan meski dalam prakteknya banyak pihak peminjam yang menggunakan uangnya untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Nah, berdasarkan analisa pemakaian uang inilah pihak pemberi pinjaman akan memutuskan apakah seorang peminjam layak atau tidak untuk diberikan pinjaman.

Bunga yang ditetapkan juga bervariasi tergantung pada kebijakan pihak pemberi pinjaman, lama waktu peminjaman dan juga jumlah uang yang dipinjam. Jangka waktu pelunasan biasanya jangka pendek namun tidak menutup kemungkinan ada kesepakatan yang membuat pihak pemberi pinjaman memutuskan untuk memberi waktu pelunasan yang lebih lama. Apabila ada keterlambatan pembayaran atau kegagalan peminjam untuk melunasi pinjamannya akan ada pinalti atau denda. Namun karena tidak adanya jaminan yang diserahkan maka tidak akan ada properti milik pihak peminjam yang akan disita.

Apa keuntungan pinjaman uang tanpa jaminan apapun?

Jika Anda sedang terbelit persoalan yang membutuhkan dana cepat seperti untuk biaya pernikahan, merenovasi rumah atau biaya sekolah, pinjam uang tanpa jaminan apapun ini tentu sangat cocok. Tidak seperti pegadaian misalnya, Anda disyaratkan untuk menyerahkan harta seperti emas atau surat berharga untuk dijadikan jaminan atas dana yang dikeluarkan. Beberapa persyaratan memang pasti diajukan dan hal itu sepertinya sangat wajar karena setiap bank atau lembaga kredit pasti mengajukan persyaratan untuk dana yang akan dikeluarkan.

Pemrosesan permohonan Anda dalam pinjam uang tanpa jaminan apapun juga berlangsung lebih cepat karena tidak perlu menyurvei jaminan yang harus diberikan. Biasanya pertanyaan yang diajukan berkisar pada data diri, penghasilan dan juga rekening bank dalam 3 bulan terakhir.

Keuntungan berikutnya adalah uang yang Anda pinjam bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Jadi Anda tidak harus menggunakannya untuk keperluan usaha. Kebutuhan akan dana tunai saat ini memang begitu besar untuk berbagai macam kebutuhan sehingga lembaga-lembaga pemberi pinjaman menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis yang saling menguntungkan. Apabila Anda memiliki suatu order barang dari salah satu pelanggan atau konsumen Anda sementara dana pribadi tidak cukup untuk membelinya, Anda tinggal memberikan surat tanda kesediaan membeli dari konsumen atau pelanggan Anda kepada pihak pemberi jaminan. Dengan cara ini Anda bisa melunasi hutang anda berikut bunga dari keuntungan hasil Anda bertransaksi.

butuh uang cepat tanpa jaminan apapun

Yang terakhir adalah pinjam uang tanpa jaminan apapun memberikan kepastian lebih cepat apakah permohonan pinjaman Anda diterima atau ditolak. Jika pun ditolak Anda tidak perlu berkecil hati karena masih ada banyak pihak lain yang kemungkinan mau memberikan pinjaman kepada Anda tanpa jaminan. Untuk situasi-situasi di mana Anda tidak bisa meminjam dari bank-bank konvensional, keberadaan pinjaman jenis ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan.


Apa syarat-syarat dan ketentuan pinjaman uang tanpa jaminan apapun?

Bercermin dari produk KTA sebuah bank ternama, sebaiknya Anda mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut sebelum mendatangi pihak pemberi pinjaman. Memang, tidak sepenuhnya sama antara satu pihak dengan pihak yang lain tapi setidaknya dengan ketersediaan data-data berikut anda akan lebih dimudahkan.

  • Siapkan fotokopi KTP atau Paspor
  • Siapkan fotokopi NPWP (untuk lebih menguatkan dan apalagi jika Anda meminjam dalam jumlah yang cukup besar)
  • Siapkan fotokopi kartu kredit yang didapatkan dari bank lain, di mana masa keanggotaan minimal 1 tahun. Tapi ada juga pihak pemberi pinjaman yang tidak mensyaratkan adanya kartu kredit
  • Arsir bagian depan kartu kredit, jika memang disyaratkan
  • Siapkan slip gaji beberapa bulan terakhir
  • Siapkan mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Siapkan fotokopi sampul depan buku tabungan

Jika nanti memang dibutuhkan syarat-syarat lain Anda tinggal menambahkannya. Namun sebagai informasi, syarat-syarat di atas tidak selalu harus dibutuhkan karena seperti saya sampaikan tadi, data-data di atas disyaratkan oleh bank yang sangat bereputasi.

pinjam uang tanpa jaminan apapunBagaimana anda bisa meminjam uang tanpa jaminan?

Sebenarnya ada banyak pihak yang bisa membantu Anda mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan ini. Yang paling mudah adalah dari sanak saudara atau keluarga sendiri. Hubungan kekeluargaan memang sangat menguntungkan dan memberi kepercayaan yang cukup tinggi kepada setiap anggota keluarga untuk mendapatkan pinjaman.

Pihak selanjutnya yang bisa Anda mintai pinjaman uang tanpa jaminan adalah teman atau sahabat dekat. Mereka umumnya mau memberikan pinjaman atas dasar persahabatan. Namun Anda juga perlu berhati-hati karena jika Anda gagal melunasi pinjaman tepat waktu apalagi sampai tidak membayar, hubungan baik Anda akan rusak dan ini tentu kerugian yang lebih besar dibandingkan kerugian finansial.

Selanjutnya adalah lembaga kredit atau bank yang memang menyediakan jasa peminjaman uang. Lembaga-lembaga bisnis seperti ini tentu sudah memiliki ketentuan dan prosedur tertentu untuk memungkinkan Anda meminjam secara profesional yang meliputi ketetapan suku bunga, jangka waktu pembayaran serta denda-denda yang akan dikenakan apabila di kemudian hari ternyata ada keterlambatan. Jadi, jika Anda butuh dana cepat tanpa jaminan apapun, cobalah menghubungi pihak-pihak yang menyediakan jasa jenis ini.