Apa itu pinjaman tanpa jaminan?

Pinjaman tanpa jaminan atau unsecured loans adalah suatu produk pinjaman yang tidak mensyaratkan adanya jaminan atas dana yang Anda pinjam. Namun demikian bukan berarti Anda tidak akan ditanya soal kepemilikan properti, harta, slip gaji atau hal-hal yang berkaitan dengan riwayat pendapatan Anda dan juga prospek Anda untuk mendapatkan penghasilan di masa mendatang. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pihak pemberi pinjaman. Meski demikian perlu ditekankan lagi bahwa nantinya Anda sama sekali tidak menyertakan jaminan di dalam peminjaman yang Anda lakukan.

Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair memang sangat disukai oleh banyak kalangan terutama mereka yang sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak. Bagaimanapun, syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak pemberi pinjaman juga harus diperhatikan jika ingin mendapatkan dana secara cepat ini. Jika Anda mengajukan pinjaman tanpa jaminan ini maka Anda sebaiknya mempersiapkan semua persyaratan yang biasa diajukan oleh para pemberi pinjaman pada umumnya. Pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat juga banyak ditawarkan untuk menarik para nasabah. Proses cepat artinya memang proses persetujuan dan pencairan bisa dilakukan dalam waktu sehari saja jika pihak pemberi pinjaman merasa calon peminjam layak untuk dipinjami dana.

Ada pula sekarang pinjaman uang tanpa jaminan online yang banyak bermunculan sebagai respon atas tingginya kebutuhan jenis pinjaman ini. Sistem peminjaman secara online ini dimungkinkan berkat perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dewasa ini, sehingga jaringan internet pun dapat masuk sampai ke daerah yang paling pelosok. Dengan adanya sistem peminjaman secara online ini menjadikan semakin banyak nasabah yang tertarik untuk melakukan peminjaman uang tanpa jaminan secara online. Hal ini lebih dipilih karena tingkat kemudahannya dalam pengajuan dan pemrosesannya sampai dana tercairkan.

pinjaman tanpa jaminanApa syarat-syarat pinjaman tanpa jaminan?

Dalam setiap proses peminjaman pasti memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar dana yang Anda ingin pinjam dapat dicairkan. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam proses pinjaman dana tunai tanpa jaminan. Persyaratannya antara lain Anda diminta menyerahkan:

  • Surat identitas diri seperti KTP, KK atau tanda pengenal lain
  • Slip gaji, rekening 3 bulan terakhir
  • Bukti kepemilikan usaha atau riwayat penghasilan
  • Fotokopi kepemilikan kartu kredit (jika ada)
  • Dan data-data pendukung lainnya yang mungkin akan diminta

Setiap pihak tentu cukup beragam dalam mengajukan persyaratan untuk mendapatkan kredit tanpa jaminan ini. Namun riwayat penghasilan dan juga skema pembayaran pelunasan akan menjadi bagian terpenting yang dibicarakan di dalam proses persetujuan aplikasi Anda. Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda terlebih dulu mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan tersebut. Juga jangan lupa untuk memperkirakan sendiri skema pembayaran yang tepat sesuai dengan kemampuan finansial Anda selama tahap pelunasan pinjaman tersebut.

Ketentuan apa saja yang Anda perlukan untuk mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan?

Pinjaman uang tanpa jaminan memang tidak menjadikan barang berharga milik Anda sebagai jaminan nantinya. Namun, menunjukkan kepemilikan surat berharga akan membuat pihak pemberi jaminan lebih yakin kalau Anda mampu melunasi hutang Anda tepat waktu. Meskipun Anda hendak menggunakan dana ini untuk berbagai keperluan yang berbeda, Anda bisa saja menyatakan kepada pihak pemberi pinjaman akan menggunakan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair untuk keperluan yang mendukung Anda mendapatkan keuntungan.

Ketentuan lain adalah soal pengembalian uang pinjaman Anda. Beberapa pihak pemberi pinjaman tanpa jaminan umumnya menjadikan pinjaman ini sebagai pinjaman jangka pendek. Hal ini wajar karena perputaran uang diharapkan lebih cepat dan jika lunas Anda bisa meminjam kembali. Sebenarnya pinjaman tanpa jaminan ini bekerja seperti pinjaman pribadi. Namun untuk menumbuhkan kepercayaan karena Anda meminjam dari pihak yang mungkin baru saja Anda kenal, Anda akan dimintai beberapa keterangan. Selain untuk menumbuhkan kepercayaan, keterangan tersebut juga digunakan untuk mengetahui track record Anda selama ini terkait peminjaman. Apabila Anda didapati memiliki “cacat” dalam hal pembayaran cicilan pinjaman, terlebih lagi pada bank-bank konvensional, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk terkabul permohonan peminjaman yang tengah diajukan.

Satu hal lagi yang juga menjadi unsur penting dalam peminjaman uang tanpa jaminan ini adalah tingkat suku bunga yang diterapkan. Kesepakatan tentang jumlah suku bunga yang harus dibayar juga menjadi bagian penting yang perlu Anda perhatikan. Pada umumnya pinjaman tanpa jaminan ini memasang beban bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan jaminan. Selain tingkat suku bunga, jumlah pinjaman yang diberikan juga patut Anda cermati, karena besarannya tidaklah sebesar pinjaman dengan jaminan. Ada biaya pinalti yang harus Anda bayar jika Anda terlambat membayar hutang Anda. Selain itu jika Anda ternyata nanti bisa melunasi hutang secara tepat waktu kemungkinan pinjaman-pinjaman selanjutnya akan lebih mudah dan jumlahnya bisa meningkat.

pinjaman dana tanpa jaminan langsung cairBagaimana cara meminjam uang dengan menggunakan pinjaman tanpa jaminan?

Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair baik secara offline maupun online. Secara offline artinya Anda perlu mendatangi kantor atau lokasi pihak pemberi pinjaman. Saat ini tidak sulit mencari pihak yang bersedia memberikan pinjamannya kepada Anda. Cobalah mendatangi mereka dan tanyakan persyaratan-persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi. Secara online Anda bisa searching di google dan mengetik pinjaman tanpa jaminan. Dari situ akan banyak bermunculan situs-situs yang memberikan jasa jenis ini. Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair sebagian besar dilakukan pencairannya di tempat pemberi pinjaman.

Apa keuntungan dan kerugian dari pinjaman tanpa jaminan?

Di setiap skema peminjaman pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya, sehingga kita harus teliti dalam memiliki skema peminjaman yang akan kita ajukan. Berikut ini beberapa keuntungan dari pinjaman tanpa jaminan skema ini, antara lain:

  • Prosesnya lebih cepat karena Anda tidak perlu disurvei lebih lanjut tentang jaminan yang akan Anda berikan nantinya. Anda tidak perlu mengisi formulir sebanyak yang disyaratkan oleh bank-bank konvensional.
  • Anda tidak perlu menyerahkan barang berharga Anda yang mungkin bisa dipakai untuk kebutuhan lain atau untuk dijadikan jaminan pada skema peminjaman yang lain.
  • Apabila Anda mengalami kesulitan meminjam dari bank-bank konvensional yang umumnya mensyaratkan adanya jaminan, maka skema ini menjadi salah satu solusi alternatif yang bisa Anda dapatkan.
  • Ongkos adminstrasi dalam skema pinjaman tanpa jaminan umumnya lebih minim dibandingkan dengan jika Anda harus meminjam di berbagai bank besar dengan skema peminjaman konvensional.
  • Seiring dengan kemajuan di bidang internet pinjaman uang tanpa jaminan online akan sangat memudahkan Anda dalam mengajukan aplikasi pinjaman. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mendatangi tempat pihak pemberi pinjaman. Hanya dengan duduk di depan komputer Anda bisa mengajukan aplikasi ke sebanyak mungkin pihak pemberi pinjaman tanpa jaminan online sekaligus selama 24 jam penuh. Hal ini berbeda dengan pihak pemberi pinjaman offline yang hanya buka selama jam kantor dan tidak buka di hari minggu dan hari libur.

Sedangkan untuk kerugian dari skema pinjaman tanpa jaminan ini antara lain:

  • Biasanya bunga pinjaman yang dibebankan lebih tinggi dibandingkan pinjaman dengan jaminan. Hal ini dianggap wajar karena fleksibilitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh pihak pemberi jaminan. Juga beban denda dan pinalti jika terjadi keterlambatan pembayaran menjadikan jenis pinjaman tanpa jaminan ini agak memberatkan Anda nantinya jika mengalami gangguan dalam pembayaran cicilan pinjaman.
  • Jumlah dana yang dipinjamkan umumnya tidak sebesar pinjaman dengan jaminan. Hal ini bertujuan untuk membatasi kerugian yang mungkin dialami kreditur apabila terjadi gangguan dalam pembayaran cicilan. Jenis pinjaman pribadi menjadi hal yang paling banyak ditemukan dalam skema pinjaman tanpa jaminan seperti ini.
  • Jangka waktu pengembalian relatif lebih singkat atau jangka pendek. Artinya Anda memiliki waktu yang cukup terbatas dalam memutar uang yang Anda pinjam dibandingkan dengan skema peminjaman menggunakan jaminan.
  • Menjamurnya bisnis pinjaman uang tanpa jaminan online membuat Anda harus lebih selektif memilih calon pemberi pinjaman karena tidak sedikit dari mereka yang ternyata fiktif dan hanya memberikan janji palsu. Jika hanya janji palsu agaknya tidak terlalu menjadi masalah, namun jika Anda sampai mengalami kerugian material maka hal tersebut pasti tidak Anda inginkan. Jadi, selektiflah dan berhati-hati dalam memilih calon pemberi pinjaman online.

Dalam situasi apa Anda harus mempertimbangkan mengambil pinjaman tanpa jaminan?

pinjaman uang tanpa jaminan online

Biasanya saat keadaan darurat dan kondisi keuangan kita yang menipis, membuat kita terpaksa mencari tambahan finansial secara cepat. Dan hal ini umumnya dapat diatasi dengan cara melakukan peminjaman pada sejumlah lembaga pembiayaan yang ada. Salah satu skema peminjaman yang menjadi pilihan nasabah adalah peminjaman uang tanpa adanya jaminan. Skema pinjaman tanpa jaminan sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat dengan proses yang cepat. Dana ini bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti membayar biaya sekolah, renovasi rumah, pernikahan dan lain-lain. Namun demikian Anda perlu mempertimbangkan biaya bunga dan kemampuan pengembalian pinjaman Anda.

Dalam situasi Anda tidak memiliki suatu barang berharga untuk dijaminkan saat mengajukan peminjaman, maka solusi pinjaman tanpa jaminan ini menjadi hal yang Anda butuhkan. Namun meski jika Anda gagal membayar pinjaman tidak ada barang Anda yang akan disita, nama baik Anda bisa tercoreng dan Anda akan kesulitan mendapatkan pinjaman dari pihak yang sama ataupun pihak lain yang mengetahui kejadian tersebut. Jadi, pikirkan betul-betul kemampuan pelunasan pinjaman Anda. Pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat memang menjadi solusi yang pas dalam kondisi yang bisa dikatakan mendesak alias darurat.

Demikian sekelumit pembahasan tentang skema peminjaman uang tanpa adanya jaminan apapun yang bisa Anda tempuh. Sekali lagi, ada baiknya sebelum mengajukan peminjaman uang pada lembaga pembiayaan finansial, baik secara offline maupun secara online, ataupun juga pada orang-orang terdekat kita, untuk mempertimbangkan kebutuhan dana darurat Anda serta kemampuan dalam melakukan pelunasan cicilan pinjaman tersebut. Jangan sampai Anda malah terpuruk setelah mendapatkan pinjaman dana cepat tanpa jaminan hanya karena Anda tidak dapat melunasinya sesuai jadwal yang ditentukan.