Masalah keuangan atau finansial adalah masalah semua orang di zaman modern ini. Setiap hari orang bergelut dengan problem mencari uang dan juga membelanjakannya. Namun di antara kedua kesibukan itu orang juga perlu berpikir bagaimana uang yang didapatkan itu tidak cepat habis. Dengan kata lain, orang perlu cara menabung yang baik. Kira-kira apa saja cara menghemat uang yang bisa dilakukan agar uang yang sudah kita peroleh tidak cepat habis? Yuk simak beberapa tips menabung berikut ini:

1. Hapuskan hutang Anda

Jika Anda berusaha menghemat uang dengan cara membuat anggaran yang bagus tapi masih menanggung beban hutang yang besar, mulailah dengan menghapus hutang itu. Hutang itu akan selalu menjadi hantu bagi iktikad baik Anda untuk menghemat uang. Belum lagi besaran bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Sekali Anda bebas dari kewajiban membayar bunga hutang, uang tersebut bisa dengan mudah disimpan menjadi tabungan. Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsentrasi melunasi hutang secepat-cepatnya. Cara menabung dengan cepat tidak mungkin terwujud jika Anda masih terus berkutat dengan skema-skema pelunasan hutang.

2. Susunlah tujuan-tujuan menabung

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan membayangkan apa yang Anda tabung. Jika Anda perlu motivasi, buatlah target-target menabung dengan jadwal yang memudahkan Anda untuk menabung. Misalnya saja Anda menargetkan ingin membeli rumah dalam waktu tiga tahun dengan 20 persen uang DP. Anda juga bisa bandingkan dan lihat semua penawaran yang paling sesuai jika waktunya sudah tiba. Nah, dengan memiliki target seperti ini Anda bisa mengatur berapa besar uang yang harus Anda tabung setiap bulannya.

3. Sisihkan langsung dari setiap uang yang Anda dapatkan

Inilah cara hidup hemat yang sangat mujarab bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah tabungan. Jadi, setiap kali Anda mendapatkan uang baik itu dari gaji bulanan, hasil penjualan barang-barang, atau hasil usaha Anda lain-lain segera sisihkan sebagian. Tidak perlu sampai 50 persen, meski sah-sah saja dan malah bagus jika Anda sanggup melakukannya. Yang penting adalah Anda melakukannya secara rutin dan disiplin. Bayangkan jika Anda menyisihkan seratus ribu rupiah dari setiap uang yang Anda dapatkan, kira-kira dalam setahun berapa juta yang bisa Anda kumpulkan? Lakukan tips menabung untuk masa depan ini.

4. Berhenti merokok

Cara menabung dengan cepat bisa pula dilakukan dengan menghentikan kebiasaan boros seperti merokok. Memang benar tidak mudah untuk berhenti dari sebuah kebiasaan seperti merokok. Orang harus punya disipilin dan tekad yang kuat untuk berhasil melewatinya. Namun bagi Anda yang sekarang sedang dalam tahap menjadi perokok berat pertimbangkan hal-hal berikut ini. Pertama-tama, untuk sebungkus rokok yang anda hisap minimal Anda mengeluarkan 15 ribu rupiah dan jika Anda perokok berat, saya bertaruh setidaknya sehari Anda menghabiskan dua sampai tiga bungkus rokok. Artinya, butuh paling tidak tiga puluh ribu rupiah untuk memuaskan kebiasaan merokok.

Dalam waktu sebulan hampir sejuta rupiah atau lebih Anda bakar dalam bentuk rokok. Dalam waktu lima tahun tanpa Anda sadari jika terus merokok akan habis paling tidak enam puluh juta rupiah. Sayangnya tidak akan berhenti sampai di situ. Biaya yang lebih besar lagi akan menunggu untuk mengobati paru-paru dan beragam penyakit kronis lainnya. Nah, sesulit apapun untuk menghentikan kebiasaan merokok, bayangkan bencana yang menunggu jika Anda meneruskan kebiasaan merokok.

5. Buatlah liburan yang murah

Hidup di jaman sekarang dengan kemudahan transportasi dan akomodasi, orang-orang cenderung menghabiskan liburan atau piknik ke tempat-tempat yang jauh lebih sering dibandingkan dengan jaman dulu. Tanpa disadari, uang untuk bepergian tersebut jika dikalkulasi akan sangat besar jumlahnya dan berpotensi menambah pundi-pundi tabungan Anda dengan cepat. Carilah alternatif liburan atau piknik yang lebih murah.

Berkebun di belakang rumah atau memancing di sungai terdekat merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda pilih. Hal-hal seperti ini juga mendatangkan banyak kesenangan. Sebenarnya untuk mendapatkan kesenangan dari berlibur, anak-anak atau anggota keluarga tidak terlalu peduil apakah itu dilakukan di luar atau di dalam negeri. Yang penting adalah kebersamaan, kehangatan, dan tawa bersama keluarga. Ini merupakan bentuk lain dari tips menabung di rumah yang tidak Anda sadari akan tetapi sangat menyenangkan. Cobalah mulai dari sekarang, jadikan lingkungan sekitar rumah sebagai tempat rekreasi.

6. Bawa bekal sendiri

Kebiasaan membawakan bekal buat anak-anak dan suami yang bekerja terbukti efektif untuk mengurangi beban pengeluaran dan sekaligus berpotensi meningkatkan jumlah tabungan Anda. Untuk sekali makan di luar, seseorang paling tidak menghabiskan lima belas ribu per porsi dan jika Anda membuat seorang suami dan dua anak misalnya, jajan di luar maka sudah hampir lima puluh ribu rupiah akan dihabiskan. Bayangkan jika Anda pergi ke pasar dan membelanjakan 50 ribu itu untuk bahan-bahan pokok maka Anda akan membelanjakan sejumlah itu untuk kebutuhan satu keluarga dalam waktu sehari. Lagi pula, makanan olahan di rumah jauh lebih sehat dibandingkan dengan makanan di luar. Cobalah lakukan ini sebagai salah satu trik menabung di dalam keluarga Anda.

7. Depositokan uang Anda

Tips menabung untuk masa depan yang banyak dilakukan orang adalah dengan skema deposito. Jika Anda memiliki uang lebih tapi tidak mempunyai ide untuk mengelolanya, depositokan saja. Uang yang didepositokan tidak akan mudah diambil karena harus mengikuti syarat-syarat deposito. Ini satu keuntungan. Jadi, sebesar apapun godaan untuk berbelanja Anda tidak berpeluang menggunakan uang deposito itu. Keuntungan kedua adalah bunga deposito lebih tinggi dibandingkan dengan bunga dari skema menabung biasa. Dengan cara ini tabungan Anda akan dengan mudah berlipat-lipat tanpa Anda sadari. Biarkan bunga itu terakumulasi sementara anda menjalani aktivitas sehari-hari Anda yang lain. Sangat menyenangkan bukan?

8. Anggarkan belanja Anda setiap tahun

Cara mudah menabung lainnya adalah dengan menyisihkan dari anggaran belanja harian. Membuat anggaran belanja tahunan tentu akan membuat pengeluaran Anda lebih terprediksi. Meski terkadang ada saja pengeluaran tiba-tiba, menganggarkan belanja pokok secara pasti bisa membuat Anda lebih mawas diri dan berintrospeksi terutama ketika anda tergoda untuk membuat pengeluaran-pengeluaran mendadak. Betapa seringnya orang membelanjakan uang dikarenakan keinginan yang muncul tiba-tiba. Jika Anda orang yang plin plan, percayalah seberapa pun besar uang yang Anda miliki tidak akan bisa bertahan lama.

Alasan lain mengapa penting menganggarkan belanja setiap tahunnya adalah untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang disebabkan oleh rasa panik. Ini juga menjadi penyebab kedua orang-orang suka mengeluarkan uangnya dengan tidak bijak. Untuk mengantisipasinya, buatlah perencanaan yang matang jauh-jauh hari sebelumnya. Setidaknya jika memang ada hal yang membutuhkan dana secara mendadak dalam jumlah yang tidak sedikit kita sudah bersiap.

Nah demikian tadi beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan jika ingin menambah tabungan dengan cara menabung efektif. Semua cara memang baik dan berpotensi menambah pundi-pundi tabungan Anda. Akan tetapi hal yang penting dingat adalah kedisipinan dan juga komitmen Anda untuk terus menabung.