Setiap orang tentu pernah bepergian bahkan melakukannya secara rutin entah setiap bulan, setiap tahun atau dalam interval waktu tertentu. Selain menyenangkan, bepergian atau traveling membuat keuangan kita terkuras. Semakin sering intervalnya biasanya semakin baik perencanaan keuangannya.

Coba Anda sendiri hitung dalam setahun berapa kali Anda melakukan perjalanan untuk berekreasi, mengunjungi saudara di luar kota atau di luar pulau, pergi umroh atau haji, tujuan bisnis atau lain-lain. Saat traveling Anda pasti mengeluarkan dana untuk bensin, makan, transportasi, penginapan hingga oleh-oleh atau cinderamata.

Traveling di dunia modern sekarang ini sudah dianggap hal yang wajib dan tak mengherankan jika beberapa orang menyewa konsultan untuk menangani pembiayaan travelingnya. Kita pun sebenarnya bisa menaksir sendiri berapa biaya yang akan dihabiskan untuk traveling tersebut. Perlu diketahui bahwa pengeluaran besar atau bahkan di luar yang kita bayangkan seringkali terjadi ketika tidak ada perencanaan matang yang kita buat.

Tingkat urgensi sebuah perjalanan juga berpengaruh terhadap besaran dana yang dikeluarkan. Semakin mendesak kebutuhannya, dana yang dikeluarkan juga semakin besar. Itulah mengapa banyak kreditur menawarkan jasa pinjaman uang cepat terutama untuk menangkap potensi pasar yang sangat potensial ini. Dari mereka kita bisa pinjem uang sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, agar Anda bisa bepergian dengan nyaman dan tanpa menghabiskan biaya yang membengkak beberapa tips berikut ini bisa diterapkan.

Buatlah kalkulasi biaya transportasi sebelum perjalanan dimulai

Dalam sebuah perjalanan biaya transportasi berada di peringkat pertama untuk hal yang menghabiskan uang. Kita butuh dana untuk sampai di tempat tujuan, berhenti di tempat yang lain dan pulang kembali dengan selamat. Jika menggunakan mobil pribadi kita bisa menghitung kira-kira berapa biaya bahan bakar selama perjalanan, apakah menyewa supir, apakah akan berhenti di banyak tempat di mana uang parkir perlu dipersiapkan, biaya masuk tol, dan juga persiapkan dana apabila sewaktu-waktu kita melanggar lalu lintas dan kena tilang.

Setelah ketemu angka taksiran biaya yang akan dikeluarkan sejak pergi hingga tiba kembali di rumah, alokasikan dana darurat. Kita semua tentu ingin segalanya berjalan lancar, tetapi berjaga-jaga untuk hal-hal yang tidak diinginkan atau sebut saja force Majeure merupakan langkah bijak. Toh apabila tidak terjadi apa-apa dana darurat tersebut tidak akan hilang.

Untuk perjalanan yang sangat jauh biasanya ada dua alternatif yang dipilih: jalur laut dan udara. Jalur laut memberikan keuntungan pada segi biaya yakni lebih murah namun konsekwensinya adalah waktu yang ditempuh juga bertambah. Lewat jalur laut apabila waktu yang kita miliki memungkinkan sangat cocok untuk diambil karena lebih hemat. Akan tetapi jika tujuan kita bepergian sangat urgent dan waktu kita terbatas maka naik pesawat udara lebih praktis. Perjalanan yang singkat juga membuat kita bisa menghemat pengeluaran seperti untuk makan dan kebutuhan lain di dalam kapal.

Perhitungkan biaya untuk Penginapan atau Tempat Singgah selama Traveling

Sekalipun kita hanya pergi kurang dari dua puluh empat jam untuk bisa balik pulang, tempat singgah juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Menyetir mobil selama beberapa jam tentu melelahkan dan kita butuh tempat untuk singgah. Nah saat singgah inilah biasanya ada biaya-biaya yang dikeluarkan mulai dari parkir, biaya toilet atau membeli camilan. Sekilas mungkin tidak terlalu besar, tapi bayangkan jika Anda bepergian dengan bis yang rombongannya berisi 60 orang. Untuk toilet saja kita perlu menganggarkan cukup banyak.

Demikian pula apabila kita bepergian selama beberapa hari, tinggal di sebuah penginapan atau homestay merpakan sebuah kebutuhan. Kita mungkin tidak tahu berapa rata-rata harga menginap semalam di sebuah kota dan sangat bijak jika kita mengecek di internet. Saran saya, pilihlah penginapan dengan harga medium artinya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Menurut pengalaman saya penginapan yang murah tidak selalu menjamin istirahat yang nyaman sementara penginapan yang terlalu mahal sangat menguras dompet padahal kita hanya butuh tempat untuk tidur semalaman.

Alternatif lain yang lebih murah tentu saja menginap di rumah kenalan atau saudara. Apabila tempat yang kita tuju kebetulan ada saudara atau kenalan yang tinggal kita boleh meminta izin kepada mereka untuk tinggal sementara sampai urusan kita beres. Bagaimanapun alangkah bijak jika kita tidak berpikir mereka menggratiskan tempat atau memberi jamuan yang istimewa. Jika Anda memilih alternatif ini jangan lupa membeli paling tidak oleh-oleh untuk mereka. Atau siapkan sedikit dana untuk diberikan kepada salah satu dari mereka. Hal ini selain mempererat tali silaturrahmi juga membuat baik pihak Anda dan orang yang kita tempati tidak memiliki rasa tidak enak.

Perhitungkan biaya makan

Selama perjalanan Anda tentu membutuhkan makan sekalipun misalnya pihak yang mengundang Anda di sana menjamin konsumsi Anda. Alokasikan dana untuk membeli makanan selama perjalanan dan buatlah Anda senyaman mungkin. Bepergian dalam keadaan lapar tentu bukan hal yang menyenangkan. Anda bisa tegang dan membuat pengalaman bepergian Anda menjadi buruk.

Cara hemat untuk tetap kenyang selama perjalanan adalah dengan membawa makanan sendiri. Bekal makanan dari rumah selain sehat juga murah. Jika Anda menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api atau bis pilihlah bekal makanan yang tidak berbau menusuk seperti ikan laut atau telor asin. Nanti bukan malah jadi menyenangkan, semua orang bakalan terganggu dan Anda tidak enak untuk memakannya.

Makanan yang bisa dibawa untuk bekal perjalanan antara lain roti sebagai sumber karbohidrat baik itu yang berasa manis atau asin. Jangan lupa pula untuk membawa air minum. Saya pribadi lebih memilih air mineral karena saya cenderung suka buang air kecil selama perjalanan. Air putih atau air mineral mampu menghilangkan rasa haus selama perjalanan dan tidak menyebabkan kita mudah buang air kecil.

Makan di restoran langganan, terutama jika Anda bepergian untuk bisnis, bisa menjadi pilihan menarik karena selain menunya yang kita suka juga seringkali ada diskon khusus.

Siapkan untuk pengeluaran lain-lain

Dana untuk pengeluaran lain-lain ini meliputi biaya parkir, biaya-biaya yang disepakati dari awal dan biaya lain-lain. Hal ini penting demi kenyamanan selama perjalanan meski tidak sebesar biaya-biaya yang disebutkan sebelumnya di atas. Setelah mengalkulasi semua pengeluaran selama perjalanan kita akan tahu berapa yang harus dipersiapkan. Jangan lupa mempersiapkan dana cadangan untuk pengeluaran-pengeluaran tak terduga.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa Anda persiapkan selama perjalanan. Traveling akan menjadi sangat menyenangkan jika kita memiliki persiapan yang cukup dan pastinya sesuai dengan budget yang dipersiapkan. Kita tentu tidak ingin biaya perjalanan membengkak dan pada akhirnya menguras keuangan kita dalam jumlah banyak. Jadi, saat Anda pinjem uang untuk dijadikan dana cadangan pada acara liburan ini, sebaiknya tetap memperhitungkan kemampuan finansial Anda dalam mengembalikannya.

Satu hal yang sebaiknya tidak kita lupakan yaitu membeli oleh-oleh baik untuk orang yang kita datangi ataupun untuk orang yang menunggu kepulangan kita di rumah. Mudah-mudahan tips di atas bisa memberi inspirasi bagi Anda yang sedang merencanakan sebuah traveling.