Entah apapun kondisi keuangan Anda saat ini, perlu diketahui bahwa setiap orang bisa memperbaiki kondisi finansialnya. Kadang-kadang satu tips sangat membantu dan menginspirasi sehingga membuat orang yang semula terjerat hutang sedemikian besar berbalik menjadi milyarder dalam waktu yang relatif singkat. Namun perlu diingat, perubahan semacam itu membutuhkan komitmen, kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh.

Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda memperbaiki kondisi keuangan. Memang sekali lagi tidak semua tips cocok untuk setiap orang dan yang pasti dengan menghemat pengeluaran kondisi keuangan seseorang memiliki kecenderungan membaik.

Matikan televisi

Pengeluaran apa yang berkaitan dengan televisi? Untuk daya listrik kemungkinan tidak terlalu besar mengingat televisi menghabiskan daya yang jauh lebih sedikit dibandingkan misalnya AC, mesin cuci ataupun setrika. Namun hal yang dibawa oleh televisi itulah yang membuat kita tergoda untuk membuat pengeluaran yang cukup besar.

Mematikan televisi memberi kita keuntungan antara lain kurangnya terpapar ke iklan-iklan yang cukup menggoda, berkurangnya tagihan untuk listrik ataupun biaya langganan TV kabel dan Anda bisa lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang berguna dalam hidup seperti bisnis sampingan atau pekerjaan yang sedang Anda tekuni.

Berhentilah mengoleksi dan mulailah menjual

Mengoleksi benda-benda berharga bagi banyak orang sungguh mengasyikkan di samping janji-janji bahwa barang yang dikoleksi tersebut suatu saat akan berharga sangat mahal. Ada banyak item yang biasa dikoleksi oleh orang-orang mulai dari batu-batu berharga seperti batu akik, binatang piaraan seperti kucing, anjing, sampai tanaman hias seperti bonsai dan beraneka jenis bunga.

Mengoleksi sesuatu bukanlah tanpa biaya. Anda perlu pengeluaran untuk membeli item-item koleksi dan juga biaya perawatannya apalagi jika berupa binatang piaraan seperti kucing dan anjing. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mulai menjual barang koleksi Anda. Dari situ Anda akan tahu berapa sebenarnya profitabilitas atau keuntungan yang didapat dari mengoleksi sesuatu. Mungkin tak sebesar yang Anda kira tetapi cara ini akan membuat Anda tetap berpikir sehat dan berdampak positif bagi penghematan uang Anda. Jika Anda memang tertarik berbinis barang koleksi, Anda pasti akan sering menjual sebagaimana seringnya mengoleksi. Anda juga bisa membeli koleksi orang lain dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Apabila dana Anda kurang mencukupi, Anda bisa mencari pinjaman, salah satunya dengan skema pinjam uang online cepat yang bisa mudah Anda temui di internet, namun Anda harus selektif dapat memilihnya. Itulah tips bisnis yang bagus.

Buatlah daftar sebelum pergi berbelanja

Cara terbaik untuk menghemat uang adalah hanya berbelanja saat Anda memang punya daftar belanja. Kalau tidak punya berarti Anda tidak memiliki kebutuhan untuk berbelanja. Cara ini membuat Anda terhindar dari berbelanja berdasarkan dorongan hati sesaat saja – sangat berbahaya untuk keuangan apabila Anda juga tipe orang yang suka jalan-jalan di mall. Membuat daftar sebelum Anda pergi ke toko grosir sangat penting. Ini membuat Anda mampu membeli item-item yang pokok dan menghindarkan Anda dari membeli makanan yang sama sekali tidak Anda butuhkan. Biasanya pula dengan membeli secara grosir kita mendapatkan potongan harga yang lumayan.

Hal buruk yang terjadi saat kita membeli secara tak terkontrol adalah bertambahnya hutang. Di era internet ini orang bisa berhutang lewat mana saja. Internet mengajarkan kita cara pinjam uang online cepat yang ditawarkan oleh banyak jasa.

Undang teman-teman untuk makan di rumah ketimbang makan di luar

Pergi nonton, jalan-jalan atau makan di luar merupakan aktivitas yang banyak menguras uang. Dengan jumlah uang yang sama yang dikeluarkan untuk membayar sekali makan kita mungkin bisa mengajak lebih banyak teman makan di rumah. Beberapa faktor berpengaruh jika kita makan di luar seperti pajak, keuntungan yang diambil oleh rumah makan, biaya parkir dan bensin dan lain-lain.

Mengubah kebiasaan makan di luar dengan mengundang orang-orang makan di rumah jauh lebih hemat dan tidak mengurangi keakraban. Memang sesekali kita perlu keluar tetapi hanya sesekali. Makan di rumah selain menyehatkan juga cukup membuat pengeluaran Anda terhematkan dan tidak mengurangi kesenangan.

Memerbaiki sendiri perabotan di rumah daripada meminta bantuan orang lain

Ini adalah cara yang sangat menghemat sekaligus menyenangkan. Apabila misalnya genteng di rumah bocor ada baiknya kita sendiri naik dan menggantinya dengan genteng yang baru. Apabila ada bagian pintu yang rusak kita coba memperbaikinya sendiri, demikian pula dengan peralatan listrik, tungku, dan lain sebagainya.

Saat ini di internet ada banyak tutorial yang bisa membantu kita memperbaiki sesuatu secara praktis dan mudah. Belajar hal-hal semacam ini sungguh sangat menyenangkan dan apalagi jika bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Yang pasti, tidak melibatkan orang lain terlalu sering untuk mengurusi masalah kita memberikan penghematan uang yang luar biasa.

Jangan habiskan uang banyak hanya untuk menghibur anak-anak Anda

Sebagian besar anak sebenarnya bisa dihibur dengan cara yang sangat mudah. Buatkan mereka mainan dari karton bekas, pelepah pisang, kulit jeruk bali atau item-item yang super murah lainnya. Hal ini akan mengasah kreativitas mereka dan yang jelas tak kalah menghibur dari mainan-mainan yang harganya sampai jutaan rupiah.

Juga tidak harus selalu mengajak ke tempat rekreasi yang mahal. Anak-anak sebenarnya mudah terhibur hanya dengan jalan-jalan naik motor, melihat area persawahaan, ke tepi pantai atau tempat-tempat lain yang tidak membutuhkan uang untuk dinikmati. Menghibur anak tanpa menghabiskan uang dalam jumlah besar selain menghemat keuangan Anda juga melatih mereka untuk tidak boros.

Banyak minum air putih

Apa hubungannya minum air putih dengan menghemat keuangan Anda? Pertama-tama, minum air putih bisa mengendalikan rasa lapar Anda. Dengan demikian Anda bisa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Jadi, apabila Anda cukup minum air putih pengeluaran Anda untuk membeli camilan bisa berkurang drastis. Yang kedua adalah manfaat bagi kesehatan. Minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Artinya kesehatan Anda terjaga tanpa biaya yang mahal. Minum air putih untuk kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan dari sumur sendiri. Ini tentu saja jauh lebih murah dibandingkan membeli air mineral dalam kemasan botol.

Berhentilah merokok

Ini kebiasaan yang sangat menguras dompet dan juga beresiko tinggi bagi kesehatan. Sebungkus rokok di Indonesia saat ini berkisar antara 10 ribu sampai 20 ribu rupiah. Sejauh ini, hampir semua perokok merupakan pecandu rokok. Anda tidak akan menyukai rokok hanya dalam sekali hisap dan konsekwensinya Anda tidak akan bisa berhenti merokok hanya dengan sekali niat. Efek kecanduan inilah yang menghabiskan banyak uang Anda dalam waktu lama.

Coba bayangkan, jika dalam sehari Anda menghabiskan sebungkus rokok itu artinya dalam sebulan Anda membuang setidaknya 300 ribu rupiah hanya untuk membuat Anda sakit dan kelak menghabiskan jauh lebih banyak lagi biaya untuk berobat. Jika Anda merokok dalam waktu beberapa tahun, uang tersebut mungkin sudah cukup untuk biaya perjalanan haji, membeli mobil atau kebutuhan berharga lainnya.

Demikian tadi antara lain beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang dan sekaligus menambah pundi-pundi penghasilan Anda. Memang terkesan mudah, tetapi yang paling berpengaruh adalah kemauan keras, disiplin dan komitmen untuk menjadikan kondisi keuangan Anda jauh lebih baik.